JENIS DATA DALAM STATISTIK Bagian 2

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan bagian pertama tentang jenis data dalam statistik, pembahasan tentang jenis data bagian pertama bisa dilihat disini.

Data kuantitatif

Data kuantitatif merupakan data yang didapatkan dalam bentuk angka yang selanjutnya dapat diproses dengan penerapan disiplin ilmu matematika atau dianalisis dengan disiplin ilmu statistik. Data kuantitatif biasa juga dikenal sebagai data numerik yang memberikan informasi tentang nilai tertentu. Contoh data kuantitatif adalah ukuran tinggi, panjang, luas, volume dan sebagainya. Data kuantitatif dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis berdasarkan kumpulan datanya.

1. Data Diskrit

Data diskrit adalah informasi yang hanya dapat mengambil nilai tertentu dan tidak dapat dibuat lebih presisi. Data diskrit merupakan sejumlah nilai yang mungkin terbatas, biasanya tersedia dalam bilangan bulat dan memiliki nilai tetap. Mudahnya, data diskrit adalah data yang nilainya adalah bilangan asli, bukan berupa pecahan angka.

2. Data Kontinu

Data kontinyu adalah kumpulan data yang didapatkan melalui proses pengukuran tertentu dimana nilai yang didapatkan tidak harus merupakan bilangan bulat. Data kontinu memiliki nilai kemungkinan yang tak terbatas yang dapat dipilih dalam rentang tertentu.

Data kualitatif

Data kualitatif adalah data yang tidak bersifat numerik namun bisa jadi kategorik. Ukuran kategoris didefinisikan dalam spesifikasi kalimat penjelasan, tapi tidak dalam hal angka. Sekalipun data kualitatif terkadang disajikan dengan nilai numerik, tapi nilai tersebut tidak memiliki arti matematis layaknya data kuantitatif.

Setelah uraian sebelumnya, selanjutnya kita bahas jenis data statistik berdasarkan hasil pengukurannya yang terbagi menjadi empat yaitu nomimal, ordinal, interval dan rasio.

Data Nominal

Data nominal adalah jenis data yang terdiri dari kode atau angka atau bilangan dengan berdasarkan kategori tertentu tanpa memperhatikan urutan. Semua data memiliki kedudukan yang sama dan tujuannya hanya untuk membedakan satu kategori dengan kategori lainnya. Dengan demikian, operasi aritmatika tidak berlaku pada jenis data ini.

Data nominal adalah salah satu jenis data statistik kualitatif, yang biasanya membantu memberi label pada variabel tanpa memberikan nilai numerik yang memiliki arti. Terkadang, datanya bisa kualitatif dan kuantitatif. Contoh data nominal adalah data jenis kelamin yang terkategori menjadi Perempuan dan Laki-laki.

Dalam metodenya, data dikelompokkan ke dalam kategori. Resume data yang bisa diperoleh adalah frekuensi atau persentase. Data ini biasanya direpresentasikan secara visual dengan pie chart.

Nantikan pembahsan jenis data bagian 3 (terakhir) di tulisan selanjutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.