APA ITU STATISTIK?

Definisi Statistik

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata statistik adalah data yang berupa angka yang dikumpulkan, ditabulasi, dikelompokkan, sehingga dapat memberi informasi yang berarti mengenai suatu masalah atau gejala. Ada juga yang mengartikan statistik secara sederhana sebagai catatan angka-angka (bilangan).

Statistik juga dapat dikatakan sebagai hasil data yang sebelumnya sudah dikumpulkan melalui proses atau metode ilmiah dan kemudian diolah serta diinterpretasikan untuk kemudian ditampilkan dalam bentuk grafik atau diagram. Data yang sudah diolah dan ditampilkan inilah yang disebut sebagai statistik.

Jenis Statistik

Berikut dibawah ini merupakan jenis jenis statistik, yaitu :

  • Berdasarkan Orientasi Pembahasan

Statistik matematika : statistik ini memahami mengenai model, penurunan konseptual, rumus statistik matematika-teoritis. Contohnya, tes normalitas, menganalisis regresi, error, dan lainnya.

Statistik terapan : statistik ini lebih memfokuskan mengenai konsep, teknik statistik, dan juga penerapan terhadap disiplin ilmu.

  • Berdasarkan Fase & Tujuan Analisis

Statistik deskriptif : statistik ini berkaitan erat dengan pengumpulan suatu proses, menganalisis, dan sajian data tanpa sebuah kesimpulan umum.

Statistik inferensia : statistik ini merupakan sebuah proses untuk memungkinkan suatu kesimpulan secara umum yang akan diambil dari data yang sedang berproses.

  • Berdasarkan Sebuah Asumsi Distribusi Populasi Data

Statistik parametrik adalah pengujian yang memanfaatkan informasi mengenai parameter populasi. Statistik parametrik digunakan jika distribusi suatu populasi sudah diketahui.

Statistik non parametrik adalah sebuah metode pengujian dimana kita tidak mengetahui parameter dalam populasi.

  • Berdasarkan Jumlah Variabel Terikat

Statistik univariat : statistik ini hanyak mempunyai satu variabel dependen.

Statistik multivariat : statistik ini mempunyai lebih dari satu variabel dependen.

Manfaat Statistik

Berikut adalah manfaat statistik:

  1. Mendapat sebuah gambaran terhadap fenomena tertentu yang lebih sederhana dengan ukuran yang statistik.
  2. Mendapatkan sebuah kesimpulan dengan selang kepercayaan tertentu sesuai dengan sampel dari suatu populasi.
  3. Melakukan efisiensi biaya dengan metode sampling tertentu.
  4. Menemukan suatu pemodelan mengenai suatu masalah.
  5. Mengetahui faktor apa saja  yang ada hubungannya dengan suatu permasalahan.
  6. Mengetahui dampak dari suatu variabel.
  7. Memungkinkan melakukan prediksi dan peramalan data di masa depan.

Kegunaan Statistik

Peran statistik pada penelitian sebenarnya hanya dijadikan sebagai alat bantu saja. Hal ini berarti statistik bukan merupakan sebuah tujuan dalam penentuan komponen penelitian. Statistik akan sangat berguna dalam menyusun suatu model, merumuskan hipotesis, untuk mengembangkan alat dalam mengumpulkan data, menyusun sebuah rancangan penelitian, menentukan sampel, dan untuk menganalisis data. Lalu kemudian data tersebut di interpretasikan sehingga dapat bermakna.

Dari sekian banyak penelitian ilmiah, hampir semuanya melakukan sampel, dan dengan adanya sampel tersebut dapat ditarik sebuah generalisasi yang pasinya akan ada error. Nah, inilah kegunaan statistik dimana dengan statistik kita akan mampu:

  1. Menjelaskan hubungan antara variabel-variabel

Variabel merupakan suatu nilai yang tidak tetap, bisa harga, ukuran, hasil, umur, ataupun tinggi. Misalnya hubungan antar permintaan produk dengan tingkat pendapatan dalam penjualannya.

  • Membuat rencana dan ramalan

Rencana dan ramalan ini harus beriringan atau harus sejalan agar mendapatkan hasil yang bagus dan berkualitas. Seperti dalam perencanaan sebuah pembangunan kompleks perumahan di sebuah kota yang dipengaruhi oleh beberapa factor seperti jumlah penduduk dan tingkat pendapatan.

  • Mengatasi berbagai perubahan

Perubahan yang terjadi pada sebuah rencana dan ramalan dapat diabaikan atau dihindari supaya tidak ada pihak yang dirugikan, dengan menggunakan statistik perubahan tersebut dapat dijauhi.

  • Membuat keputusan yang lebih baik

Dengan menggunakan metode statistik keputusan yang rasional dapat diperoleh seperti pada sebuah perusahaan didapatkan kondisi yang tidak menentu dari produknya, untuk di masa yang akan datang perusahaan harus menyiapkan solusi dengan memilih keputusan yang baik agar tidak terjadi kerugian sehingga mempermudah perusahaan dalam untuk mencapai tujuan.

Fungsi Statistik

Fungsi statistik dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebagai gudang data yang menyediakan data untuk diolah dan diinterpretasikan, sebagai alat pembantu standarisasi atau alat pengawasan, sebagai penganalisisan data, dan sebagai pembuat keputusan untuk penetapan kebijakan oleh pengguna.

Secara mudahnya, tujuan atau fungsi dari statistik adalah mendapat gambaran atas data-data yang sudah dikumpulkan dan dikaji sebelumnya untuk kemudian dapat ditarik kesimpulan atas permasalahan atau persoalan yang sedang dipelajari atau dikaji.

Tantangan Statistik di Era Big Data

Aktivitas dan penerapan statistik berkembang seiring perkembangan zaman. Di era digital, kebutuhan data meningkat sangat pesat. Setiap individu, termasuk masing-masing kita, tidak hanya sebagai konsumen namun juga sebagai produsen data.

Dengan berbagai jenis perangkat yang kita gunakan, paling mudah dan dekat adalah smartphone, dan dengan rata-rata menghabiskan lebih dari 8 jam sehari untuk berselancar di internet, kita menjadi produsen data dengan banyak ragam. Berbagai aplikasi daring kita gunakan untuk mempermudah pekerjaan, aplikasi manajemen keuangan, aplikasi berkendara, aplikasi pemesanan barang konsumsi, aplikasi meeting online, dan sejumlah aplikasi lain yang semuanya membutuhkan akses ke data pribadi.

Tanpa kita sadari, hasilnya sudah terwujud sebagai data dan akan terus bertambah banyak yang pada akhirnya membentuk big data. Big data biasa didefinisikan sebagai kumpulan proses yang terdiri volume data dalam jumlah besar yang terstruktur maupun tidak terstruktur dan digunakan untuk membantu kegiatan bisnis. Big data merupakan pengembangan dari sistem database dengan karakteristik berupa proses kecepatan, volume, dan jenis data yang tersedia lebih banyak dan bervariatif.

Big data dapat dimanfaatkan dengan teknik tertentu menjadi informasi yang dapat membantu pengguna untuk mendapatkan banyak insight dalam menetapkan kebijakan strategis di suatu instansi pemerintahan ataupun perusahaan. Pengembangan big data dengan multi disiplin ilmu, diantaranya komputasi, pemrogaman, machine learning, dan statistik, akan menjadi sumber informasi yang lebih kuat dan bermakna.

Disinilah tantangan baru muncul. Ahli di bidang statistik perlu mengembangkan metodologi baru yang sesuai dan mampu mengcover big data. Peluangnya adalah terwujudnya proses bisnis statistik yang lebih cepat, lebih murah, lebih efisien, dan lebih terperinci.

2 Replies to “APA ITU STATISTIK?”

Leave a Reply

Your email address will not be published.