JENIS DATA DALAM STATISTIK Bagian 1

Halo sobat data, yuk belajar statistik dengan asyik

Unsur terpenting dan yang menjadi cikal bakal dari statistik tentu saja adalah data. Data yang tersedia dalam jumlah tertentu dan diolah sehingga menjadi sesuatu yang dimanfaatkan oleh pengguna biasanya kita sebut sebagai informasi. Selanjutnya, sebuah nilai hasil dari penemuan pola dan tren yang diperoleh dari data yang terkumpul dan teranilisa sehingga dapat dijadikan sebuah tujuan, acuan, ataupun data yang dapat dipercaya kita biasa sebut sebagai insight.

Dari penjelasan tersebut, dapat kita pahami bahwa data menjadi hal utama dan terpenting untuk dipersiapkan dan dikenali baik jenis maupun konsepnya. Ada urgensi untuk mengetahui dan memahami konsep penting dari data. Utamanya adalah agar kita dapat melakukan pengukuran statistik dengan benar. Dengan memahami jenis data statistik maka diharapkan proses analisis, baik interpretasi maupun penyajian atau visualisasi dapat ditentukan dengan benar.

Sebelum kita membahas jenis data yang sering dijadikan requirement awal proses analisis statistik, maka kita pahami dulu dua jenis data menurut sumber perolehannya yaitu  data primer dan sekunder.

Data Primer

Data Primer didefinisikan sebagai data yang di peroleh secara langsung dari sumber pertamanya. Data primer biasanya dikumpulkan dengan metode survey atau dengan metode observasi. Metode survey ialah metode pengumpulan data primer yang menggunakan pertanyaan lisan maupun tulisan. Pertanyaan lisan dilakukan melalui mekanisme wawancara dan pertanyaan tertulis dengan memanfaatkan tools tertentu, misalnya formulir kuesioner baik tercetak maupun elektronik. Sedangkan metode observasi ialah metode pengumpulan data primer dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas dan kejadian atas unit tertentu.

Data Sekunder

Data Sekunder merupakan sumber data suatu penelitian yang di peroleh peneliti secara tidak langsung atau melalui media perantara. Mudahnya, data sekunder adalah data yang diperoleh atau dicatat oleh pihak lain. Data sekunder dapat berupa bukti, catatan atau laporan yang telah tersusun. Data sekunder ini biasa diperoleh dengan cara melakukan permintaan data kepada pihak yang telah mengumpulkannya.

Setelah mengenali dua jenis data menurut sumber perolehannya, maka kita perlu juga memiliki pengetahuan atas dua jenis data yang digunakan dalam penelitian atau riset menurut sifatnya yaitu data kuantitatif dan data kualitatif.

Apa itu data kuantitatif dan data kualitatif kita lanjutkan pada pembahasan selanjutnya

One Reply to “JENIS DATA DALAM STATISTIK Bagian 1”

Leave a Reply

Your email address will not be published.